Rabu, 21 September 2022

Selayang Informasi tentang Keuangan Usaha Cafe

Selayang Informasi tentang Keuangan Usaha Cafe. Dalam management keuangan, sebuah usaha ada yang dimaksud laporan aliran kas, laporan untung rugi dan neraca. Termasuk dalam perihal bisnis kafe. Arus Kas adalah laporan accounting yang maknanya laporan dana kas perusahaan yang siap. Atau dapat juga disebutkan pendataan bisnis keuangan yang memanfaatkan uang kontan.

Keuangan Bisnis Cafe

Laporan Neraca sebagai neraca keuangan yang memandang kesetimbangan asset upaya dengan kewajiban sebagai tanggungan. Dalam laporan akunting keuntungan rugi usaha cafe, ada banyak soal berikut ini yang dikutip dari Kafe Kolong:

1. PENDAPATAN PENJUALAN

Hasil pemasukan ini dapat datang dari pemasaran produk pokok dari usaha itu atau pemasaran dari produk sambilan bisa pula diberi nama pemasaran lain. Di dalam masalah tersebut usaha cafe, produk yang dijajakan yaitu makanan dan minuman.

Apabila terjadi pemasaran kepada minuman dan makanan karena itu ditempatkan dalam pemasaran produk pokok. Dan yang masuk pemasaran sambilan atau lainnya umpamanya seperti merchandise atau pemasaran meja serta bangku.

2. HARGA POKOK PENJUALAN

Harga Dasar Pemasaran (HPP) adalah cost yang perlu dikeluarkan sebelumnya produk itu dipasarkan. Misalkan pembelian minuman sachet, gula pasir, bahan baku, es cream, gelas paket plastic, dan seterusnya.

3. BIAYA OPERASIONAL

Yang termaksud di sini yaitu upah pegawai, administrasi usaha (nota penjualan), ongkos overhead (listrik serta air), cost penyusutan, cost dibayarkan didepan/ cost sewa bangunan, cost promo atau iklan,cost perawatan (bangunan, bangku,meja, serta interior) dan cost berlangganan (internet).

4. PERHITUNGAN BEP (BREAK EVENT POINT)

Umumnya orang menuturkan jika BEP atau titik impas yakni perolehan titik 0 waktu melakukan investasi. Maka dikehendaki seusai titik 0 itu bisa menggapai keuntungan serta dihitung berdasar waktu bulan atau tahun.

Apabila kita ingin pertimbangkan BEP karenanya studi untung rugi yang bisa memastikannya. Tetapi bila pengin mengalkulasi tingkat pengembalian atas investasi kita (Return of Investment), karenanya harus melihat riset neraca usaha.

 

Selayang Informasi tentang Keuangan Usaha Cafe